“5 KARAKTER YANG BIASA JADI TERSANGKA PEMBUNUH DALAM FILM-FILM THRILLER”

“5 KARAKTER YANG BIASA JADI TERSANGKA PEMBUNUH DALAM FILM-FILM THRILLER”

Ngomongin penjahat atau monster legendaris dalam film-film horor mah, udah biasa. Nah, gimana dengan film-film thriller? Justru karena penjahatnya sesama manusia (dan bisa langsung megang juga), malah makin seram jadinya.

Nah, buat yang suka film-film thriller dengan tokoh pembunuh manusia, pasti suka lihat kelima (5) karakter ini yang biasa jadi tersangka pembunuh. Padahal, belum tentu. Seperti apa sajakah mereka?

  1. Si aneh.
Gambar: pinterest.com

Karena kelakuan maupun penampilan mereka dianggap ‘ganjil’, begitu ada kejadian buruk, mereka duluan yang kena tuduh. Contoh: laki-laki tua gila berwajah seram, gadis kuper penyuka ilmu klenik, hingga laki-laki canggung yang hobi memaksa perempuan pas PDKT (pendekatan). Ada lagi, nggak?

2. Si pemarah.

“Gue bunuh lo kalo ampe ketemu lagi!” Suka ketemu model begini? Begitu yang diancam besoknya ditemukan dalam keadaan habis dibantai, tersangka pertama pasti orang yang terakhir ngancem-ngancem bakalan bunuh. Saran: hati-hati kalau marah di depan umum. Mulutmu, harimaumu.

3. Si masa lalu kelam.

Ini juga kasihan sih, sebenarnya. Nggak ada yang mau di-judge karena kesalahan masa lalu mereka. Misalnya: dulu pernah terlibat kasus kekerasan, nggak sengaja membunuh orang, dan sejenisnya. Mukanya nggak perlu seram sih, tapi begitu polisi ngeluarin datanya dari berkas kasus lama mereka…yah, gitu deh.

4. Si rival.

Nggak semua rival korban pembunuhan bersikap aneh, pemarah, atau terang-terangan menunjukkan rasa nggak suka. Misalnya: saingan untuk posisi peran utama dalam pagelaran teater hingga yang seremeh rebutan pacar idaman. Celakanya, gara-gara udah sering ada kasus serupa, si rival ikut kena tuduhan.

5. Si pecemburu.

Si pecemburu juga cukup kompleks. Misalnya: ada mantan pacar yang berubah jadi psycho stalker begitu diputusin. Ada yang pemarah dan selalu berusaha membalas si korban terang-terangan, meskipun nggak sampai membunuh. Ada yang sengaja bersaing dengan cara licik agar si korban kalah, entah dalam apa pun.

Twist-nya: Bisa jadi daftar di atas SALAH SEMUA!

Kok bisa? Sama seperti di dunia nyata, kita cenderung melihat apa yang kita ingin lihat. Orang yang sering kita anggap aneh bisa saja orang yang kemudian menjadi penyelamat kita. Bisa jadi selama ini mereka hanya unik dan bukan tipe yang suka ikut campur urusan orang lain.

Banyak orang pemarah yang kemudian menyesali ucapan mereka. Begitu pula mereka yang punya masa lalu kelam. Soal rival dan sosok pecemburu juga lihat-lhat dulu. Rival yang waras pasti masih memilih jalan yang nggak akan menyulitkan mereka sendiri di kemudian hari. Sosok pecemburu bisa saja ingin kembali memenangkan kekasih hati, bukan hanya membalas sakit hati.

Untuk film thriller yang oke, pelaku pembunuhan yang sebenarnya sering banget di luar dugaan, seperti:

  1. Si cupu.

Hati-hati bila selama ini kamu termasuk yang suka mem-bully orang yang biasa kamu anggap cupu dan nggak cool. Dalam film-film thriller, pembalasan dari mereka biasanya dua kali lebih mengerikan.

2. Si penakut.

Gambar: businessinsider.com

Kesal dengan si penakut? Hmm, awas. Bisa saja selama ini mereka pura-pura, menunggu semua orang sebelum ‘membuka topeng’ mereka. Kadang mereka memang sengaja merepotkan semua orang, hanya agar pada akhirnya nanti – hanya mereka yang selamat!

3. ‘Teman semua orang’.

Lho, kok bisa? Mungkin kesannya kita jadi parno ya, seperti para profiler FBI di serial “Criminal Minds”. Salah satu tersangka potensial adalah mereka yang justru kelihatan baik-baik saja di depan semua orang. Baik, ramah, perhatian, dan rajin menolong – bahkan termasuk sama aparat hukum. Denger-denger kemungkinan besar mereka menderita narsisisme dan ‘superhero complex’, ingin dianggap baik sama semua orang. Padahal, bisa jadi mereka juga biang kerok masalah yang kemudian ‘sok-sok’ mereka ‘tangani’.

Hmm, mungkin ini kesannya jadi bikin kita parno maupun jadi curigaan sama semua orang. Ah, namanya juga film. Tapi, boleh juga jadi acuan agar jangan mudah juga berprasangka sama orang, mau itu yang kelakuannya baik banget atau malah aneh dan kesannya galak banget, gitu.

Kita nggak pernah tahu…(ooooh… *backsound suara serem*)

R.

 

6 Replies to ““5 KARAKTER YANG BIASA JADI TERSANGKA PEMBUNUH DALAM FILM-FILM THRILLER””

    1. Bener banget. Karena udah keseringan nonton film thriller, akhirnya jadi gampang nebak. Hehe. Malah trik ala film Scream (yang pertama) juga bagus, menggabungkan si cupu sama cowok bermasa lalu kelam.

  1. Klo lagi nton film genre thrller mysery gtu, sering baget tebak2an breng temen
    Nentuin siapa pembunuhnya
    Aku termasuk orang cupu wktu d sekolah
    Tp selama ini aku cuma brni bunuh kecoa doang hehehehehe

    Perdana mampir d sni
    Salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *