Jangan Pernah Menyerah, Meskipun Muak

Ada mimpi-mimpi yang terasa sangat mahal. Rasanya jadi lebih mahal begitu seseorang mensabotase mimpi-mimpi tersebut. Mereka melakukan sesuatu yang buruk dan – sayangnya – Anda terlalu baik untuk menjauh secepatnya dari mereka.

Setelah itu, mereka masih akan bebas bicara apa pun tentang Anda, padahal Anda sudah cukup baik dan bijak dengan tidak banyak bicara. Mau membalas mereka? Tidak ada gunanya.

Ya, anggap saja mereka tidak tahu berterima kasih. Yah, memang ada orang yang cukup gila untuk bersikap seperti itu. Padahal, Anda sudah baik-baik menjaga jarak demi perdamaian. Seharusnya mereka lebih sadar dan tahu diri. Mengapa ada saja orang yang begitu cinta drama sehingga mau repot-repot mencari perhatian seperti itu?

Berurusan dengan orang-orang seperti itu memang kesalahan, namun masih selalu bisa dipelajari. Bukannya sombong dan ingin memutus tali silaturahmi, namun ada kalanya Anda memang lebih baik tanpa mereka. Mereka telah menghancurkan impian dan rencana Anda, meskipun untungnya tidak semuanya.

Jangan pernah menyerah pada impian Anda, tidak peduli seberapa muaknya Anda saat ini. Merasa muak itu normal. Rasaanya, apa pun yang Anda lakukan, Anda tetap kalah. Menyebalkan bukan, kalau yang jahat sepertinya menang terus?

Entah kenapa, mereka yang hobi mempermainkan perasaan orang lain selalu lebih cepat punya pasangan baru. Sementara itu, Anda yang serius selalu sendirian. Rasanya tidak adil, bukan? Kok, kayaknya mereka terus ya, yang dapat perhatian banyak orang? Anda kapan?

Pada kenyataannya, mereka tidak mampu mendapatkan cinta sejati. Bahkan, mereka hanya tahu dan peduli cara mencintai diri sendiri. Menyedihkan, bukan? Tidak peduli berapa banyak orang yang tertarik pada mereka di awal pertemuan, akhirnya semua sama saja.

Mereka akan selalu merasa sendiri. Boleh saja mereka berpura-pura pada dunia, namun alam bawah sadar akan selalu jadi pengingat yang mengganggu mereka. Mereka tidak akan pernah merasa cukup baik untuk siapa pun.

Drama, drama, drama.

Yang Anda butuhkan hanyalah orang-orang yang tepat – cukup beberapa – yang benar-benar menyayangi Anda. Mereka jauh lebih penting daripada orang-orang yang hanya memperhatikan Anda selama masih menguntungkan bagi mereka.

Jangan pernah menyerah, meskipun muak. Tidak peduli berapa banyak orang yang mencoba menjatuhkan Anda / menghancurkan impian Anda / menghancurkan hati dan jiwa / melanggar hak Anda.

Karena Anda juga berharga.

R.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *