Resolusi Tahun Baru: Masih Perlu?

Wah, tahu-tahu sudah di akhir tahun saja. Sudah ngapain saja kita? Apakah semua rencana atau resolusi tahun ini sudah tercapai? Ada yang belum atau baru setengah jalan? Ada yang malah belum mulai sama sekali, padahal sih, rencananya mau tahun ini?

Hmm, coba cek dulu prioritas Anda. Yakin sudah benar? Yakin sudah mengambil cukup banyak kegiatan atau apakah ini hanya masalah manajemen waktu? Apa pun penyebabnya, nggak perlu terlalu keras sama diri sendiri. Jangan-jangan memang ada yang harus diubah atau disusun ulang.

Mungkin, saat ini ada yang tengah berlibur. Ada yang memilih di luar kota atau keluar negeri. Ada yang bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan. Selamat bersenang-senang.

Lagi nggak mau pergi terlalu jauh dan memilih merayakannya di rumah saja? Ya, nggak apa-apa juga. Namanya juga pilihan pribadi. Yang penting Anda senang.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang terpaksa bekerja di akhir tahun? Ya, beruntunglah bila Anda masih punya pekerjaan. Bersyukurlah bila Anda tidak perlu mengalami yang namanya dipecat, apalagi dengan cara tidak adil. Tanpa sisa gaji, apalagi kompensasi.

Apalagi, sampai digunjingkan ke sana kemari. Sakit hati? Itu pasti. Namun, percuma juga melawan. Sudahlah, relakan saja dan serahkan semuanya pada Ilahi. Biar Beliau yang membalas mereka nanti, hihihi…

Kadang meskipun tidak adil, kita memang harus mengalami hal pahit ini. Kita bisa menjadikannya pelajaran agar lain kali lebih hati-hati dalam mempercayai orang lain. Nggak hanya itu. Kita bisa belajar untuk tidak berubah menjadi seperti mereka. Pilihan untuk mengedukasi diri sendiri itu selalu ada.

Semoga di tahun 2019 nanti, Anda tidak perlu menderita seperti di tahun 2018. Cukup.

R.

2 thoughts on “Resolusi Tahun Baru: Masih Perlu?

  1. kerjaan alhamdulillah lancar, karena tahun lalu ga punya resolusi jd ga perlu ada yng dikhawatirkan… kecuali tahun depan udah bikin resolusi dan optimis bisa capai semuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *