Susah Tidur?

Bagaimana mengatasi susah tidur? Apakah dengan memaksakan diri menutup mata? Apakah dengan mengendalikan pernapasan, sambil menjernihkan pikiran? Apakah dengan berdoa kepada Tuhan di malam hari?

Bagaimana jika masih tidak bisa tidur? Mungkin ada yang mencoba membuat diri sendiri sibuk sampai akhirnya terlalu lelah untuk tetap terjaga. Bisa membaca atau menulis. Bisa menonton TV, menjelajahi saluran untuk menemukan program paling membosankan yang mungkin bisa membuat Anda tertidur.

Beberapa mungkin lebih suka mendengarkan musik. Apakah itu membantu? Saya juga berharap begitu, tetapi bagaimana jika tidak? Bagaimana jika masih terjaga, bahkan ketika benar-benar kelelahan?

Terkadang Anda dapat menemukan teman untuk menemani. Namun, tidak harus mereka. (Selain itu, tidak semua orang cocok untuk peran ini – tidak peduli seberapa baik mereka.) Seringkali, satu orang saja sudah cukup.

Teman seperti ini tidak punya masalah begadang semalaman seperti Anda. (Mungkin, mereka juga tidak bisa tidur.) Anda berdua dapat chatting online atau di telepon. Lebih baik lagi jika kalian berdua tinggalnya dekat, lalu kenapa tidak bertemu langsung? Kalian bisa nongkrong di teras depan rumah, dengan minuman favorit Anda. Mungkin kalian akan tetap terjaga sampai subuh.

Mungkin tidak. Meski begitu, pastikan hari berikutnya adalah akhir pekan. Anda tidak ingin melalaikan pekerjaan. Sebaiknya jangan.

Saat ini adalah hari-hari yang berat bagi beberapa. Tidak punya cukup uang untuk hampir semuanya selalu menjadi salah satu penyebabnya.

Boleh merasa gelisah, lelah tetapi tidak bisa tidur. Namun, tidak semua memiliki kemewahan untuk bersantai. Beberapa hanya harus terus bekerja.

Mungkin beberapa teman baik Anda telah menyarankan beberapa pil … hanya untuk membantu Anda tidur. Gagasan itu mungkin terdengar menggoda, tapi hati-hati. Anda mungkin bisa kecanduan.

Anda mungkin juga gagal mengabaikan hantu itu, suara jahat di dalam kepala Anda – di sudut yang paling gelap. Anda tahu apa yang sering memberitahu Anda saat sedang putus asa:

“Ayo. Tambah saja lagi. Jangan khawatir. Pil-pil ini akan menyelamatkanmu dari rasa sakit … “

Jadi, Anda hanya mengkonsumsinya sekali. Setelah itu, tidak lagi.

Ini hanyalah beberapa pilihan untuk mengatasi susah tidur. Pilih salah satu – atau beberapa? Seperti biasa, semuanya terserah Anda.

Jadi, bagaimana Anda mengatasi susah tidur?

R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *