Tentang Lingkaran Kecil Pertemanan

Banyak yang bilang begini. Semakin tua, semakin sedikit teman yang (cenderung) kita miliki. Seperti itulah adanya. Pertahankan lingkaran kecil Anda. Semua orang pintar (harus) melakukannya.

Saya sudah sering mendengar ini. Di satu sisi, ada benarnya. Ini bukan soal waktu dan energi Anda dengan bijak.

Ini juga soal memilih untuk tetap bersama orang-orang yang tidak akan merusak hidup Anda terlalu banyak dengan drama dan racun mereka. Tidak seperti ketika masih remaja dan berusia 20-an. Anda mungkin masih tahan dengan omong-kosong macam itu. Sebut saja kesabaran, toleransi, atau apa pun itu.

Seiring bertambahnya usia, (semoga) Anda (bisa) memilih lebih baik dan menjadi lebih bijaksana. Anda hanya ingin bersama orang-orang yang dapat memberi tujuan hidup lebih baik. Di satu sisi, itu bagus. Itulah hal paling masuk akal yang dilakukan orang dewasa.

Namun, hanya mengandalkan lingkaran kecil teman dekat yang itu-itu saja juga punya  kekurangan. Pertama, Anda berhenti mendapatkan pengetahuan yang lebih bervariasi. Anda merasa lebih nyaman dan mapan. Jika itu yang Anda inginkan, tidak apa-apa. Tidak ada yang buruk dengan keinginan untuk menjaga diri agar tetap aman.

Tetap saja, orang berubah. Kalian mungkin tidak selalu akur. Kalian semua bisa lagi sama-sama sibuk. Teman-teman Anda mungkin punya urusan lain yang belum tentu melibatkan Anda dan juga sebaliknya. Ada saat-saat ketika Anda harus terima, alih-alih merengek seperti diva pencari perhatian: “Mereka akan meluangkan waktu jika benar-benar peduli sama aku.” Kalian mungkin tidak selalu bisa saling mendampingi.

Lagipula, tidak ada yang larangan untuk punya lebih dari satu lingkaran kecil pertemanan. Kenapa tidak punya beberapa? Dengan begitu, jika satu lingkaran pertemanan lagi tidak bisa diajak hangout saat ini, ajak saja yang lain.

Kalau mereka semua lagi pada sibuk? Santai. Tak ada pilihan selain bertahan sendiri. Jadilah mandiri. Jika memungkinkan, mulailah lingkaran baru lagi. Selalu ada cadangan.

Menjaga lingkaran pertemanan tetap kecil adalah pilihan. Begitu juga memiliki beberapa … untuk berjaga-jaga.

R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *