5 Cara untuk Mendidik Anak Usia Dini di Era Teknologi

Seperti apakah peran keluarga dalam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di era digital ini? Yang pasti semakin penting. Apalagi, dengan kemajuan teknologi saat ini yang kian pesat, anak dapat mengakses informasi apa pun. Bila tidak dibatasi sesuai umur, hal ini dapat berakibat perkembangan anak yang kurang baik.

Banyaknya sekolah berbasis PAUD menunjukkan kesadaran masyarakat mengenai pendidikan anak sejak dini. Salah satunya adalah Apple Tree Pre-school BSD. Selain itu, alangkah baiknya bila orang tua sendiri juga tetap mendidik dan mengasuh anak dari rumah.

Bersama Apple Tree Pre-School BSD, inilah lima (5) cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik si kecil di era teknologi:

  • Meluangkan waktu untuk anak di rumah, meskipun menjadi orangtua bekerja.

Baik ayah maupun bunda sama-sama punya peran penting dalam pendidikan anak di usia dini. Meskipun salah satu atau kedua orang tua sibuk, saat di rumah, luangkan waktu bersama anak. Dengan begini, Anda bisa sama-sama memantau perkembangan anak.

Anda bisa memulainya dengan selalu menyapa anak lebih dulu saat tiba di rumah. Alih-alih langsung bertanya soal tugas-tugas sekolah mereka, tanyakan kabar anak. Dengan begitu, mereka akan merasa diperhatikan tanpa terlalu dituntut. Memeluk mereka juga menambah kedekatan orang tua dan anak.

  • Biarkan si kecil bercerita dengan bebas tanpa takut dimarahi.

Biasakan agar anak selalu jujur dan terbuka, meskipun mereka melakukan kesalahan. Ada kalanya anak merasa malu karena tanpa sengaja melakukan sesuatu. Misalnya: memecahkan barang di rumah atau bertengkar dengan teman di sekolah. Pastinya, ini bukan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Meskipun ulah mereka bisa membuat Anda kesal, kurangi langsung bereaksi dengan marah-marah – apalagi sampai berlebihan. Jelaskan pada anak bahwa kesalahan apa pun yang mereka lakukan, lebih baik jujur mengakuinya. Setelah itu, Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan sesuatu, belajar dari kesalahannya.

  • Selain mengajak si kecil bercerita, bacakan juga cerita sebelum tidur.

Di era digital ini, kegiatan mendongeng anak sebelum tidur tampaknya mulai jarang dilakukan. Anak malah lebih banyak dijejali dengan tontonan di televisi atau bermain gawai (gadget), bahkan hingga larut malam.

Padahal, kegiatan ini dapat mendekatkan orang tua dengan anak. Selain itu, anak akan punya kebiasaan senang membaca karena mencontoh kedua orang tuanya. Sering mendengar dongeng sebelum tidur juga akan meningkatkan daya khayal anak, sehingga mempertajam sisi kreatif mereka.

  • Batasi interaksi mereka dengan gawai (gadget).

Bila belum terlanjur kecanduan, segera batasi penggunaan gawai (gadget) pada anak. Bahkan, sebaiknya anak jangan dibiarkan menggunakan gawai pada usia yang terlalu dini. Selain dapat mengganggu penglihatan mereka, gawai juga berpotensi membuat anak menjadi enggan bersosialisasi.

Daripada hanya menyuruh dan memaksa, berilah contoh dengan tidak selalu memegang gawai saat berada di dekat mereka. Bahkan, untuk mengalihkan perhatian anak dari gawai, ajaklah mereka berkegiatan di luar, seperti bersepeda, berolahraga, hingga sekadar jalan-jalan santai. Anak juga jadi lebih sehat.

Lakukan kegiatan tersebut setiap akhir pekan. Bila anak sudah terlanjur memegang gawai, terapkan peraturan dengan tegas. Misalnya: stop main gawai dua jam sebelum waktu tidur. Hal ini dapat mencegah anak mengalami susah tidur.

  • Aktivasikan perangkat pelindung untuk membatasi konten yang dapat mereka akses.

Alih-alih hanya menyalahkan dunia luar dan memboikot konten yang dianggap merusak mental anak-anak, mulailah semuanya dari rumah. Batasi konten yang dapat mereka akses dengan mengaktivasikan perangkat pelindung seperti nanny sites pada semua perangkat gawai di rumah.

Sebenarnya, PAUD (pendidikan anak usia dini) harus dimulai dari yang mendasar, seperti memperkuat gerak motorik mereka (melalui kegiatan fisik dan menulis) dan interaksi sosial (berkomunikasi dengan orang lain). Boleh saja membiarkan anak memegang dan bermain dengan gawai, asal ada batasnya.

#appletreebsd

R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *