Kesan yang Bertahan Lama

Terkadang, beberapa orang meninggalkan kesan abadi pada Anda. Bahkan jika mereka pergi, Anda masih ingat mereka. Anda masih membicarakannya sesekali. Apa ‘kesan abadi’ yang sedang kita bicarakan di sini? Tergantung. Ada berbagai kesan abadi yang bisa ditinggalkan siapa pun.

Tentu saja, yang hebat selalu mudah diingat. Anda menyimpan hal-hal yang mereka tinggalkan. Kadang-kadang, Anda berbicara tentang mereka dengan perasaan senang. Yang paling jelas, Anda merindukan mereka. Alangkah baiknya jika mereka bisa kembali suatu hari nanti. Jika tidak, Anda cukup mendoakan mereka. Tidak ada sakit hati di sana.

Ada juga jenis lain dari kesan abadi. Jenis yang membuat Anda menyesal pernah bertemu mereka. Dalam beberapa kasus umum, keadaan bisa menjadi sangat buruk. Ini bukan hanya upaya mereka memeras Anda secara emosional. Tentu saja, ego mereka yang rapuh membuat mereka tidak mampu menerima perasaan kalah atau gagal seperti orang dewasa yang masuk akal.

Singkatnya, mereka mencoba memanipulasi Anda, membuat Anda merasa bersalah bahwa pilihan pribadi Anda entah bagaimana merusak rencana atau tujuan jangka panjang mereka dengan Anda. Mereka juga tidak menyukai kenyataan bahwa mereka tidak dapat mengendalikan Anda seperti halnya orang lain. Anda bukan tipe orang yang patuh tanpa bertanya. Pemikiran kritis Anda menakutkan mereka.

Mereka tahu bahwa mereka tidak bisa lagi menahan Anda, tetapi perginya Anda juga berarti rasa kehilangan mereka. Itu sebabnya mereka memilih untuk mengubur semua yang terhubung dengan Anda. Hapus pekerjaan Anda sebelumnya. Hapus nama Anda. Curi hasil karya lama Anda.

Etika semacam itu hanya menunjukkan satu hal tentang mereka, bukan Anda. Anda sudah melupakan semuanya. Anda punya urusan lain yang lebih baik untuk dilakukan, sementara mereka tetap merasa pahit dengan kegagalan pribadi mereka sendiri.

R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *