Menuju 2020, Apa yang Harus Ditinggalkan?

Foto: https://unsplash.com/photos/-d6kTMGXV6E

Kali ini, sepertinya saya hanya akan menulis pendek sebelum tahun berganti. Tidak banyak yang harus dibahas, kecuali satu hal:

Apa yang harus kita tinggalkan sebelum tahun 2020 nanti?

Pertanyaan itu mungkin membutuhkan jawaban panjang. Mungkin juga akan susah dijawab. Namun, saya tidak akan memaksa kalian untuk menjawab di sini. Saya percaya, kita semua sibuk dengan alam pikiran masing-masing.

Mungkin sudah banyak yang membuat resolusi. Ingin inilah, akan berbuat begitulah. Seperti biasa, terserah. Saya hanya bisa mendoakan agar semua resolusi yang positif akan terwujud, tidak hanya berakhir wacana – catatan di halaman usang. Pastikan kalau Anda tahu bedanya keinginan sama rencana yang sudah benar-benar mantap.

Lebih mudah membuat rencana-rencana baru daripada berusaha melakukan yang sudah lalu. Padahal, kenapa yang sudah baik tidak dipertahankan? Kenapa yang buruk harus dibawa-bawa dengan alasan: “Namanya juga manusia” atau “Ini bagian dari diri saya”? Bila bisa menjadi sosok yang lebih baik – setidaknya demi diri sendiri dulu – kenapa tidak?

Mungkin saya termasuk yang terlalu idealis, seperti biasa. Tapi, boleh dong, berusaha se-ideal mungkin dalam hidup? Okelah bila ada yang selalu punya semangat untuk bikin resolusi baru. Perkara mereka akan berhasil menjalaninya itu urusan nanti. Yang penting bikin dulu. Nggak salah juga, kok.

Ada juga yang berusaha tetap realistis. Daripada bikin sepuluh resolusi tahun baru tapi nggak ada yang jadi, mendingan bikin satu hingga tiga dulu – terus ditekuni benar-benar. Kalau sudah kelar, baru boleh tambah lagi. Mau itu di tengah tahun atau bulan ketiga juga tidak masalah. Toh, nggak ada aturan khusus untuk itu.

Ya, kurang-lebih seperti saya, hehehe…

Kalau pun saya punya resolusi tahun baru atau semacamnya, kali ini nggak akan saya bagikan di sini atau di mana pun. Rahasia. Toh, nggak semua hal harus selalu diceritakan pada semua orang, bukan?

Tapi, saya mau sedikit curang, nih. Siapa yang masih bikin resolusi tahun baru?

R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *