#CSWC: Sekilas Tentang “TIRANI”

#CSWC

Benarkah tirani sudah tiada lagi? Siapa sajakah yang mengalami tirani? Siapa yang tidak keberatan, meskipun ini berarti berkurangnya – atau bahkan kehilangan – kebebasan diri sendiri, terutama untuk berekspresi?

Inilah topik sekaligus tantangan menulis bagi Jakarta Couchsurfing Writers’ Club pada hari Kamis, 10 Januari 2020, pukul 21:00 di Chickro, m-Bloc, Blok M, Jakarta Selatan. Peserta yang datang kemudian menulis interpretasi mereka mengenai topik malam itu.

Tirani adalah kekuasaan yang digunakan secara sewenang-wenang (meskipun bagi beberapa pihak, cara ini kadang diperlukan demi kebaikan bersama. Setidaknya, itulah menurut pandangan mereka). Sama seperti rantai makanan dalam pelajaran Biologi, mereka yang berada di atas atau mendapatkan keuntungan dari cara ini tidak akan pernah memprotes tirani.

Yang berada di bawah atau (merasa) dirugikan tentu saja tidak sudi. Bagi mereka, tirani adalah sistem yang membelenggu kebebasan mereka sebagai manusia seutuhnya. Zaman Orde Baru (sebelum 1998) di Indonesia merupakan salah satu contoh nyata yang masih menjadi momok banyak orang.

Tapi, apakah yang di bawah tirani selalu berarti tertindas?

Untuk mereka yang berada di atas tirani sepertinya banyak yang merasa mendapatkan keuntungan. Tapi, apakah yang di bawahnya selalu berarti tertindas?

Berdasarkan diskusi dan acara berbagi cerita semalam, ternyata jawabannya tidak selalu seperti itu. Mereka yang tidak keberatan berada di bawah tirani ternyata juga bisa merasa mendapatkan keuntungan, karena: tidak perlu ribet berpikir sendiri dan semua sudah disediakan penguasa, selama mereka menurut dan tidak menjelek-jelekkan penguasa.

Bila sampai melawan, siap-siap saja masuk penjara atau pun hukuman berupa pengasingan.

Tentu saja, siapa pun berhak memilih lingkungan yang menurut mereka paling aman dan nyaman. Tidak semua orang cocok dengan model sistem sosial tirani.

Ingin bergabung dengan kami?

Jakarta Couchsurfing Writers’ Club berkumpul setiap Kamis malam, dimulai dari pukul 19:30. Tinggalkan pesan di halaman CS kami, DM Ruby Astari, atau join grup Facebook kami: http://bit.ly/304ujKE

Sampai jumpa lagi di meetup berikutnya.

R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *