Categories
#catatan-harian

Kemaruk!

“Kemaruk!”

Sewaktu muda, hidup rasanya begitu luar biasa. Kamu merasa yakin bisa melakukan semuanya. Semuanya mau kamu kerjakan. Kamu kira kamu bisa menyelesaikan semuanya. Apalagi bila kamu punya ambisi untuk mendapatkan uang banyak.

Lalu, tanpa sadar kamu mulai kehabisan tenaga dan waktu. Kamu mulai kelelahan. Tidak semuanya bisa segera kamu selesaikan. Akhirnya, tentu saja sudah bisa ditebak:

Kamu tidak hanya mengecewakan dirimu sendiri. Kamu mengecewakan orang lain. Kamu lupa mengukur tenagamu sendiri.

 

Tahu Waktu, Ukur Diri:

Salah satu tantangan terberat dari pertambahan usia adalah saat harus tahu waktu dan ukur diri. Sadar bahwa waktu 24 jam dalam sehari tidak bisa diisi dengan semua hal yang ingin kamu lakukan seketika. Sadarlah, kamu tidak mungkin melakukan semuanya.

Mengapa? Jiwa boleh terasa muda, semangat boleh tetap membara. Sayangnya, tenaga belum tentu cukup seperti biasa atau ada. Meskipun berat, ada kalanya kita harus belajar menerima kenyataan.

Ya, kita pun bisa lelah. Kita berhak beristirahat. Kita hanya manusia biasa. Nggak apa-apa kok, bila sesekali ingin sedikit mengurangi load kerjaan atau mengajukan cuti sekalian. Nggak dosa kok, kalo weekend lebih memilih di rumah saja – demi tidur sedikit lebih lama dari biasanya.

Kemaruk tidak melulu soal makan terlalu banyak atau belanja kelewat menggila. Bisa juga karena berolahraga terlalu keras atau bekerja terlalu banyak.

Ingat, semua harus ada porsinya.

R.

By adminruby

Pengajar, penerjemah, penulis, dan pemikir kritis. Jangan mudah baper sama semua tulisannya. Belum tentu sedang membicarakan Anda.

Juga dikenal sebagai RandomRuby di http://www.pikiranrandom.com/ dan GadisSenja di http://www.perjalanansenja.com/. Kontributor Trivia.id (http://trivia.id/@/rubyastari) dan beberapa media digital lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.