Categories
#catatan-harian #lomba #menulis

Kenapa Penting Sih, Untuk Lebih Melek Asuransi?

Kenapa Penting Sih, Untuk Lebih Melek Asuransi?

Apa yang ada di benakmu saat pertama kali mendengar kata ‘asuransi’? Mungkin banyak yang akan langsung teringat dengan ‘asuransi jiwa’. Sama seperti tabungan lainnya, kita harus menabung dulu untuk bisa merasakan manfaatnya di kemudian hari. Misalnya: saat kita harus berobat ke rumah sakit atau saat kecelakaan terjadi.

Terutama saat pandemi Covid-19 ini, asuransi jiwa sudah terasa semakin penting dan genting. Bahkan, bisa bahaya juga bila kita masih belum sadar juga akan pentingnya melek asuransi.

Sebelumnya, apa sih, asuransi itu?

Sekilas Mengenai Asuransi

Asuransi adalah sebuah kesepakatan antara pihak penanggung (yaitu perusahaan) dengan pihak tertanggung (yaitu nasabah). Dalam kesepakatan ini, nasabah diharuskan membayar premi kepada perusahaan untuk mengganti berbagai risiko yang kemungkinan besar dapat terjadi di kemudian hari.

Beberapa risiko yang dapat ditanggung oleh asuransi adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan
  • Kematian
  • Kehilangan yang diderita akibat peristiwa di luar dugaan

Meskipun banyak yang masih mengasosiasikan asuransi dengan kesehatan jiwa, sebenarnya fungsinya tidak hanya itu. Selain sebagai perlindungan kesehatan, asuransi juga berfungsi sebagai proteksi keuangan demi membantu ketahanan hidup nasabah, terutama karena peristiwa di luar dugaan.

Semakin Pentingnya Asuransi di Tengah Pandemi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa wajib sadar akan pentingnya melek asuransi, terutama di tengah pandemi. Seperti yang sudah kita lihat akhir-akhir ini, pandemi Covid-19 telah berdampak sangat besar bagi masyarakat di seluruh dunia. Ada yang sampai kehilangan pekerjaan karena terkena PHK (pemutusan hubungan kerja), bisnisnya bangkrut, jatuh sakit, depresi, hingga tidak punya tabungan lagi.

Apalagi, penyakit akibat virus Covid-19 (mulai dari yang pertama di tahun 2020 hingga Delta, Delta Plus, serta Omicron mulai di akhir 2021 ini) belum ada obatnya hingga kini. Kita baru bisa memproteksi diri dengan vaksinasi (maksimal dua kali ditambah satu booster) serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Memakai masker dan menjaga jarak sudah menjadi kewajiban di era new normal ini.

Bila sudah memulai tabungan asuransi, baguslah. Teruskan usahamu demi mendukung ketahanan dan kualitas hidup. Bagi yang belum, tidak ada salahnya untuk memulai sekarang. Belum terlambat, kok. Mintalah semua dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Mengapa Kita Harus Sadar Akan Pentingnya Melek Asuransi?

Banyak alasan bagi kita untuk mulai menyadari pentingnya punya asuransi. Beberapa alasan yang saya ketahui adalah sebagai berikut:

  • Sebagai dana darurat.

Kecelakaan atau jatuh sakit merupakan contoh paling mudah diingat. Keduanya merupakan musibah. Pastinya, tidak ada seorang pun yang ingin mengalaminya.

Namun, kecelakaan maupun jatuh sakit sama-sama tidak selalu bisa dihindari. Bayangkan bila kita butuh berobat segera, namun terkendala biaya. Asuransi akan membantumu dalam hal ini.

  • Sebagai simpanan jangka panjang.

Suka atau tidak, kita tidak akan selamanya bisa bekerja mencari uang. Tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan seumur hidup atau terlahir dari keluarga kaya raya. Apalagi bila ada orang-orang lain yang bergantung secara finansial pada kita, seperti: orang tua sepuh, pasangan (bagi yang menikah), adik-adik yang masih usia sekolah atau belum punya pekerjaan, hingga anak-anak.

Nah, meskipun amit-amit semoga tidak kejadian, bagaimana bila suatu saat kita tiba-tiba kecelakaan atau jatuh sakit dan meninggal dunia? Bagaimana dengan mereka yang tergantung secara finansial pada kita? Bila kita mendaftarkan mereka sebagai pihak tertanggung premi asuransi, maka kita masih dapat melindungi mereka.

Simpanan jangka panjang juga bisa digunakan untuk membayar keperluan darurat. Misalnya: asuransi mobil atau properti yang hancur akibat bencana alam.

  • Sebagai antisipasi terhadap kemungkinan penyakit baru yang ada.

Pandemi Covid-19 menjadi contoh nyata semakin pentingnya melek asuransi. Virus Corona yang telah menyerang seluruh penduduk di dunia sejak akhir 2019 tidak hanya berdampak secara kesehatan. Kekhawatiran akan penyebaran virus tersebut menyebabkan gerak ekonomi kita menjadi amat terbatas. Yang tadinya bebas leluasa ke kantor kini harus lebih banyak di rumah.

Banyak bisnis yang tumbang karena gagal mendapatkan profit. Banyak karyawan yang terpaksa di-PHK.

Karena itulah, belum terlambat untuk memulai tabungan asuransi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa banyak bertanya kepada pihak penawar asuransi.

R.

By adminruby

Pengajar, penerjemah, penulis, dan pemikir kritis. Jangan mudah baper sama semua tulisannya. Belum tentu sedang membicarakan Anda.

Juga dikenal sebagai RandomRuby di http://www.pikiranrandom.com/ dan GadisSenja di http://www.perjalanansenja.com/. Kontributor Trivia.id (http://trivia.id/@/rubyastari) dan beberapa media digital lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.